5 Metode Restock Inventaris yang Efektif bagi Semua Jenis Bisnis Menjelang Harbolnas ala Ninja Xpress

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Ninja Xpress Membagikan Panduan Praktis Menjaga Ketersediaan Stok dan Mengoptimalkan Operasional.

Restock inventaris merupakan langkah penting yang harus diperhatikan oleh setiap bisnis untuk memastikan kelancaran supply chain dan meningkatkan kepuasan pelanggan, khususnya menjelang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) di akhir tahun 2024 ini. Ketika persediaan barang mencapai batas minimum, tindakan restock harus segera dilakukan untuk mencegah kekosongan stok yang dapat berdampak negatif pada bisnis. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Business Review menunjukkan bahwa bisnis dapat kehilangan hampir setengah dari penjualan yang diharapkan ketika konsumen menghadapi situasi kehabisan stok.

Tujuan utama restock inventaris adalah untuk memastikan produk selalu tersedia, mencegah kekosongan stok, mengoptimalkan rantai pasokan, meningkatkan penjualan, dan mengurangi biaya penyimpanan. 

Ninja Xpress sebagai perusahaan jasa pengiriman yang selalu siap bantu sampai tujuan, berbagi panduan terbaru mengenai lima metode restock inventaris yang mudah dan efektif diterapkan oleh para pelaku bisnis. 

Sistem Pencatatan yang Teratur

Metode restok inventaris ini sangat cocok untuk bisnis kecil yang baru mulai. Anda dapat menggunakan buku catatan sederhana atau spreadsheet untuk mencatat secara manual barang yang masuk dan keluar. 

Catatlah secara rinci jumlah dan tanggal transaksi. Pencatatan yang teratur akan memberikan gambaran akurat tentang stok yang tersedia.

Metode FIFO (First In, First Out)

Mengutamakan penggunaan barang yang masuk pertama kali untuk dijual terlebih dahulu. Metode ini sangat berguna untuk produk yang memiliki masa simpan tertentu, memastikan kualitas barang tetap terjaga.

Penetapan Titik Pemesanan (Reorder Point)

Teknik ini menentukan jumlah minimum stok yang harus tersedia sebelum melakukan pemesanan ulang. 

Hal ini penting untuk menghindari kekosongan stok secara tiba-tiba dan memastikan kelancaran proses produksi atau penjualan. Agar bisnis tidak mengalami dead stock, pengisian ulang stok barang harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Untuk membantu pengiriman inventaris bisnis Anda, Ninja Xpress menghadirkan layanan baru yaitu Ninja B2BR (Ninja-B2B-Restock), yang memungkinkan Anda melakukan restock inventaris dalam jumlah besar dan berbagai jenis barang dengan praktis dan ekonomis.

Penggunaan Barcode atau RFID

Mengelola stok inventaris menjadi lebih mudah dengan alat pemindai barcode atau RFID. Teknologi ini memungkinkan pencatatan masuk dan keluarnya barang dari gudang dengan cepat dan akurat. Selain itu, penggunaan barcode atau RFID dapat meminimalkan kesalahan manusia dalam pencatatan stok, sehingga informasi yang diperoleh menjadi lebih akurat dan real-time.

Analisis ABC

Metode ini mengelompokkan produk berdasarkan nilai keuntungan yang dihasilkan, yang bertujuan untuk memberikan perhatian lebih pada pengelolaan stok produk yang bernilai strategis, sambil tetap mempertahankan efisiensi pengelolaan produk lainnya. Metode ini dibagi menjadi tiga kategori:

A (Tinggi): Produk-produk dengan kontribusi penjualan atau keuntungan tinggi.

B (Sedang): Produk-produk dengan kontribusi penjualan atau keuntungan menengah.

C (Rendah): Produk-produk dengan kontribusi penjualan atau keuntungan rendah.

Dengan metode-metode yang efektif ini, diharapkan para pelaku bisnis dapat menjaga ketersediaan stok dan memenuhi permintaan pasar dengan lebih baik menjelang Harbolnas. 

Implementasi yang tepat dari strategi restock inventaris ini akan membantu memastikan operasional bisnis berjalan lancar yang dapat mempengaruhi penjualan produk Anda.(Rel/MSC)



    


Share:
Komentar

Berita Terkini