Bawaslu Gerak Cepat Cegah Pelanggaran Pemilihan Serentak 2024

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Menjelang pemilihan serentak 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bergerak cepat dengan strategi jitu untuk memastikan integritas proses tahapan pemilihan serentak tahun 2024. Dengan berbagai langkah inovatif, Bawaslu bertekad menciptakan pemilihan yang bersih dan transparan, menanggapi potensi tantangan dengan kesiapan dan semangat tinggi.

Bawaslu juga menyiapkan strategi komunikasi yang luas dan inklusif. Melalui ruang partisipatif, mereka akan membentuk komunitas-komunitas warga untuk menjembatani informasi antara lembaga dan masyarakat. Dengan merangkul semua elemen masyarakat, Bawaslu berharap dapat menciptakan dialog terbuka yang mendukung transparansi dan akuntabilitas dalam pemilu.

Koordinator Divisi Humas dan Data Informasi, Saut Boangmanalu mengatakan, bahwa penegasan pemahaman mendalam mengenai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) serta kewenangan lembaga. Ini adalah fondasi penting dalam mencegah pelanggaran pemilu.

“Para anggota Panwaslu Kecamatan dan Pengawas Kelurahan Desa (PKD) diingatkan untuk benar-benar memahami peran mereka, agar pengawasan dapat dilakukan secara efektif dan komprehensif,” kata Saut Boangmanalu, Selasa (10/9/2024) pada saat diwawancarai di Dolok Sanggul.

Dia Mengatakan, bahwa untuk membangun citra positif dan memperkuat kepercayaan publik, Bawaslu memanfaatkan berbagai saluran media. Pemberitaan yang proaktif, penggunaan media sosial, akan menjadi senjata utama dalam memastikan bahwa informasi yang akurat dan terkini sampai ke publik. Hal ini bertujuan untuk menegaskan komitmen Bawaslu terhadap proses pemilihan yang bersih.

Ditambahkannya bahwa tidak hanya sekadar membangun citra, Bawaslu juga berkomitmen untuk selalu menyediakan informasi publik yang diperlukan. Setiap tahapan pemilu dan penanganan kasus akan diumumkan melalui siaran pers yang teratur. 

“Jangan biarkan publik bertanya-tanya, sediakan informasi yang menjadi kebutuhan public, diharapkan tidak ada celah untuk keraguan atau spekulasi yang dapat merusak kepercayaan masyarakat” tambah Saut Boangmanalu.

Di tengah persiapan yang intens, Bawaslu menekankan pentingnya soliditas dan loyalitas di antara seluruh jajarannya. Semangat kerja sama dan motivasi tinggi menjadi kunci utama dalam menghadapi tantangan. 

Harapannya, dengan berbagai strategi, Bawaslu menunjukkan komitmennya untuk melaksanakan pengawasan pemilihan serentak 2024 dengan penuh integritas dan keadilan. Melalui pendekatan yang inklusif, Bawaslu berharap dapat menjaga kepercayaan publik dan memastikan bahwa proses demokrasi berjalan sesuai undang – undang yang berlaku.(Rel/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini