Mahasiswa Asal Sumut Serahkan Surat Dukungan ke DPP PDIP, Usung Nikson Nababan di Pilgub Sumut

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Sejumlah mahasiswa dan pemuda asal Sumut yang mengatasnamakan Persatuan Mahasiswa dan Pemuda Sumatera Utara mendatangi markas Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

Persatuan Mahasiswa dan Pemuda Sumatera ini menyerahkan surat dukungan dan meminta dengan hormat kepada Ibu Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri agar merestui dan merekomendasikan Dr Drs. Nikson Nababan M.Si untuk maju sebagai calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 2024-2029 di Pilgub Sumut 2024 .

"Kami dari berbagai elemen kelompok mahasiswa dan pemuda daerah Sumatera Utara ada dari Forum Mahasiswa Sumatera Utara (Formasu) Jakarta, DPP Pemuda Sumut Bersatu bersama-sama berdo'a, berikhtiar, dan berjuang kepada DPP PDI Perjuangan untuk terus menjadi garda terdepan dalam merawat, dan menjaga keberagaman (pluralisme), kultur budaya, dan kearifan lokal yang ada di Sumatera Utara dalam menyongsong Pilgub Sumut 2024," kata Nasky Putra Tandjung saat diwawancari wartawan di Kantor DPP PDI-Perjuangan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (13/08/2024).

Nasky mengatakan, alasan mereka mendatangi kantor DPP PDIP ialah karena ini sudah jadi tanggung jawab moral (moral force) kami sebagai generasi muda.

Menurutnya, Dia menilai ada kesamaan visi dan ideologi dalam memperjuangkan konstitusi, nilai-nilai demokrasi yang sehat, membela wong cilik, dan menolak adanya kotak kosong di Pilgubsu 2024.

"Dan menurutnya, PDIP adalah partai kader, tentu kami menyakini bahwa di kontestasi Pilgubsu 2024 nanti pasti akan terhormat jika PDIP dapat mengusung kader-kader terbaiknya untuk berlaga," harap Mahasiswa Pasca Sarjana Ilmu Politik ini.

Hal serupa juga disampaikan Dedi Siregar, selama ini yang dirinya lihat bahwa PDI Perjuangan tetap konsiten dalam menjaga konstitusi dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai etika demokrasi yang sehat.

Putra daerah asal Sumut ini berharap kepada PDIP supaya mengusung mantan Bupati Tapanuli Utara periode 2014-2024, Nikson Nababan agar dapat berlaga pada Pilgub Sumut 2024. "Kami harapkan nanti Pilgub Sumut 2024 ini kita bersama-sama untuk maju, mengusung figur, calon, terserah silakan. Tapi aspirasi dari kami mahasiswa asal Sumut ada Bang Nikson Nababan untuk diajukan, nanti siapa calon Gubernur-Wakil Gubernur nya atau gimana, dari DPP PDIP silakan aja," ucapnya.

Putra Daerah dan Kader Asli PDI Perjuangan Sumut

Menurut para mahasiswa, DPP PDI Perjuangan sebaiknya harus tetap percaya diri untuk mengusung kader terbaiknya pada Pilgub Sumut 2024 ketimbang mencari figur dari luar partai, sebab kekuatan partai berlambang banteng itu masih besar dan kuat di Sumut.

Peta kekuatan basis PDI Perjuangan di Sumut masih dominan, tinggal bagaimana konsolidasi ulang. Kader potensial juga sudah ada, tinggal formulasi koalisinya nanti bagaimana.

"Kami menilai PDI Perjuangan banyak memiliki stok kader-kader terbaik, potensial, petarung dan yang mumpuni untuk diusung pada Pilgub Sumut 2024, salah satunya Bang Nikson Nababan Bupati Tapanuli Utara dua periode. Kecuali (PDI-Perjuangan) tidak punya kader bagus ya. Bang Nikson Nababan ini menurut kami kader yang punya track record yang jelas, berprestasi, loyalitas dan potensial. Rekam jejaknya selama 10 tahun jadi Bupati Taput juga bagus."

Sampai saat ini dukungan dari berbagai elemen kelompok mahasiswa, pemuda, masyarakat, tokoh agama terus mengalir untuk Bang Nikson Nababan untuk maju sebagai calon Gubernur Sumatera Utara di Pilgubsu 2024, respon positif dari arut bawah itu terus digaungkan dari berbagai kalangan elemen mahasiswa, pemuda, tokoh agama, dan masyarakat Sumatera Utara sampai saat ini.

"Kami optimis, yakin, dan percaya bahwa PDI-Perjuangan yang selama ini dikenal sebagai partai politik yang ideologis, punya kaderisasi yang jelas, dan punya sekolah partai pasti akan mengusung kadernya sendiri di Pilgubsu 2024. Untuk itu, dengan segala hormat kami meminta agar aspirasi kami ini di terima dan dapat dipertimbangkan oleh pimpinan partai."

Oleh karena itu, para mahasiswa ini berharap dan tetap mendukung penuh sikap politik PDI Perjuangan untuk mengusung kader internal nya di Pilgub Sumatera Utara. Kami dukung penuh (pilihan PDIP).

"Jadi kami ini sebagai mahasiswa dan pemuda daerah Sumatera Utara yang paham dengan kultur dan kearifan lokal setiap daerah dalam memilih calon sosok pemimpinnya. Tapi kami tak bicara agar PDIP mengusung Bang Nikson Nababan, kita tak ada memaksa-maksa, tapi kami tunjukkan pada PDIP bahwa kami berkesimpulan PDIP partai yang kita harapkan untuk menjaga pluralisme (keberagaman), persatuan, dan kearifal lokal daerah. Kami akan menghormati dan mendukung penuh PDIP yang akan mencalonkan kader sendiri pada Pilgubsu 2024," ungkap Dedi.

“Kami meyakini kader tersebut pastilah seorang nasionalis sejati yang bisa merawat, dan mengayomi semua kalangan, tanpa membeda-bedakan suku, agama, budaya yang dimana masyarakat Sumatera Utara yang sangat heterogen," tambahnya.

Diketahui, PDIP merupakan satu-satunya partai politik yang bisa mengusung Gubernur dan Wakli Gubernur Sumatera Utara 2024 tanpa berkoalisi dengan partai mana pun. Sebab, pada Pemilu 2024, DPD PDIP Sumut sukses meraih 21 kursi DPRD.

Sementara, syarat mengusung Cagubsu-cawagubsu 2024 adalah partai politik atau gabungan politik yang memiliki 20% kursi DPRD.(Rel/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini