Kwarcab Gerakan Pramuka Medan Jalin Kerja Sama Dengan Pengakap Malaysia & Scout Thailand

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Medan menjalin kesepakatan kerja sama dengan Persekutuan Pengakap Malaysia Negeri Kedah dalam bidang organisasi, pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan serta pengabdian masyarakat. 

Kerja sama dalam bidang yang sama juga dijalin Kwarcab Medan dengan Nakhonsongkhla Scout Club, Phattalung, College of Dramatic Art, Satun Provincial Scout Commiite, Buriram Provincial Scout Club, dan Provinsi Pattani, Thailand. 

Penandatangan Kesepakatan Kerja Sama oleh Ketua Kwarcab Medan Topan Obaja Putra Ginting dengan pimpinan gerakan kepanduan di Malaysia dan Thailand, Jumat (2/8/2024) malam di pendopo rumah dinas wali kota itu, disaksikan Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota, H. Aulia Rachman. 

Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain Konsul Jenderal Konsulat Jenderal Malaysia Sharil Nizam Abdul Malik, Konsul Konsulat Jenderal Malaysia Muhammad Amir Azam, Ketua Pengakap Malaysia Prof. Dato. Dr. Mohd Zin, dan Muang Pattanai DO Mr Wansukree Waemana.  

Aulia Rachman menyambut baik jalinan kerja sama ini. Menurutnya, Pramuka, Pengakap, maupun Scout kekuatan untuk membangun generasi masa depan yang unggul. 

Aulia mengatakan, gerakan kepanduan yang ada di berbagai negara dengan nama-nama yang berbeda ini merupakan kekuatan kebersamaan untuk membangun masa depan dunia yang lebih baik. 

“Kebersaman itu merupakan fondasi yang kuat. Insya Allah, jika kita punya niat dan program yang baik, gerakan kepanduan ini bisa menciptakan dunia yang lebih nyaman dan baik,” ungkapnya. 

Sebelumnya Ketua Kwarcab Medan, Topan Obaja Putra Ginting mengatakan Gerakan Pramuka telah lama ada di Medan. Mulai dari pelajar tingkat dasar, menengah, sampai mahasiswa, dan pekerja di Medan ikut dalam gerakan Pramuk ini. 

Topan yang juga Pj Sekda Kota Medan ini mengatakan, pertemuan dilandasi visi bersama menggiat gerakan kepanduan di seluruh dunia.

“Gerakan Pramuka bukan hanya bicara tentang perkemahan, tali-temali, mengenal alam, lebih dari itu yakni bagaimana kita bisa mengikat diri dalam nilai-nilai kemanusiaan, nilai-nilai perjuangan bangsa dan negara, patriotisme, nasionalisme,” ungkapnya. 

Dalam kesempatan itu, Topan juga mengungkapkan apresiasi atas kunjungan gerakan kepanduan Kedah dan Thailand ini. Dia mengatakan, ini memperatan ikata persaudaraan antara gerakan kepanduan Indoneisa, Malaysia, dan Thailand. 

Pertemuan malam itu berlangsung dalam suasana keakraban dan keluargaan Acara yang diawali jamuan makan malam untuk pada tamu dari luar negeri ini juga diwarnai dengan pemberian penghargaan kepada pengurus gerakan kepanduan di Malaysia maupun Thailand.(LRD/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini