Kakanwil Kemenagsu: Kabupaten Asahan Diharapkan Jadi Role Model Moderasi Beragama di Sumut

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM menghadiri Launching Buku dan Penguatan Implementasi Moderasi Beragama Pada Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan di Yayasan Pendidikan Qur'an Kisaran Jl. Jahe Lk. IV Kel. Sentang Kec. Kisaran Timur, Kamis (1/08/2024).

Dalam bimbingan dan arahannya Kakanwil Kemenagsu mengharapkan dengan dirilisnya Buku dan Penguatan Implementasi Moderasi Bergama ini Kabupaten Asahan dapat menjadi role model di Sumatera Utara.

Menurutnya karena ini nantinya akan diimplementasikan di madrasah yang ada di kabupaten Asahan untuk Kepala dan Guru dapat menjadi role model dari moderasi beragama yang harmonis antar agama dan etnis.

Dalam kesempatan itu juga Kakanwil Kemenagsu menyampaikan empat hal yang menjadi tolak ukur dalam moderasi beragama, yang pertama adalah komitmen berbangsa, kedua toleransi, ketiga anti kekerasan dan yang keempat menerima atau akomdatif terhadap tradisi yang ada.

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan Dr. H. Saripuddin Daulay, M.Pd, Kasi Penmad Dr. Hj. Sri Muchlis, S. Sos, M. Si., dan Ketua Panitia Dr. H. Edi Sucipno, MA, Guru Besar UIN SU Prof. Dr. H. Mesiono, S.Ag, M.Pd., wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S.Sos, M.Si., Sekda Kabupaten Asahan, Kakan Kemenag Kota Tanjungbalai, Ketua FKUB Kab. Asahan dan Perwakilan Polres Asahan serta kepala madrasah, guru dan siswa.

Kegiatan ini ditutup dengan Prolog dan Penguatan Moderasi Beragama di Madrasah dan Pengantar rekomendasi kurikulum muatan di madrasah oleh Prof. Dr. H. Mesiono, S.Ag, M.Pd.

Kegiatan ini dirangkai dengan membagikan piagam penghargaan kepada para penulis dan editor yakni Prof. Dr. H. Mesiono, S.Ag, M.Pd., Dr. H. Saripuddin Daulay, M.Pd., Dr. Hj. Sri Muchlis, S. Sos, M. Si., Hj. Nely Syafridah Harahap, S.Pd, M.Si., Izhar Fuadi Lubis, M.Pd., Nurjannah Ulfa, S.Pd.I., Dr. H. Hadi Rafitra Hasibuan, MA., Sri Astuti, M.Pd., Sri Dewi Susasnti, S.Pd.I,Mardiah Ningsih, S.Pd., Isnaini, S.Pd.I, Drs. H. Edi Aswani, MM., Rusmiani, S.Pd., Zulfahmi,SH., Dina Pertiwi, S.Pd., Ramli,S.Pd., Elita Sari, S.Pd., Hafsah Panjaitan, S.Pd.I.,Dra. Hj. Elda Ayumi, M.Si., Muhammad Meftah, S.Pd.I,MA. dan Dr.H. Edi Sucipno, S.Ag, M.Pd., sebagai editor.(Rel/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini