Kakanwil Kemenagsu H Ahmad Qosbi Sebut Rekan Media Bisa Juga Diberikan Predikat Guru Tajwid

Editor: mediaselektif.com author photo

 

Teks Foto: Kakanwil Kemenagsu H. Ahmad Qosbi Nasution (tiga dari kanan) foto bersama dengan pemakalah dan peserta Media Gathering dengan Tema Sukses Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445H/2024 Masehi di Hotel Radisson Medan.(Foto/Ahmad Rizal)

MEDIASELEKTIF.COM - Rekan rekan wartawan atau pers dengan medianya, selain fungsinya sebagai sosial kontrol dan memberikan edukasi, serta memberikan kritik dan saran yang membangun kepada masyarakat dan pejabat negara, rekan media atau wartawan juga bisa diberikan predikat guru tajwid.

Hal ini dikatakan Kakanwil Kemenagsu H. Ahmad Qosbi Nasution, SAg, MM, ketika membuka acara Media Gathering dengan tema, Sukses Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2024 di Lantai 8 Hotel Radisson Jalan H Adam Malik Medan (7/8/2024) pagi.

Dijelaskan H. Ahmad Qosbi, bahwa pada rekan media lah yang bisa memberi kritik dan saran serta menyampaikan kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji, mana yang benar dan mana yang salah dalam pelaksanaan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji yang baru saja kita laksanakan baru baru ini,"jelasnnya.

Maka oleh sebab itulah bahwa rekan - rekan media atau rekan rekan pers, saya katakan bisa juga disebut ibarat guru tajwid yang bertugas memberi tahu kami ketika kami melakukan kesalahan dalam pelaksanaan pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji di Embarkasi Medan Tahun 1445 Hijriah atau pada Tahun 2024 Masehi yang baru saja selesai kita laksanakan bersama - sama, terang Ahmad Qosbi.

Oleh sebab itu saya harapkan kepada para pejabat atau para pemangku kebijakan dan Kepala Daerah jangan alergi dan ketakutan jika bertemu atau dijumpai wartawan untuk konfirmasi untuk mencari bahan untuk pemberitaan dan juga diharapkan kepada pejabat jangan berpikiran kalau ketemu wartawan harus mengeluarkan uang,"terang Ahmad Qosbi.

Kakanwil Kemenagsu H. Ahmad Qosbi Nasution juga dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasinya bahwa satu satunya Embarkasi yang ada di Indonesia yang mendapat penghargaan dari rekan media, adalah Embarkasi Medan, yang menurut rekan media pelaksanaan pemberangkatan dan  pemulangan jemaah haji di Embarkasi Medan sudah cukup baik," terang Ahmad Qosbi.

Acara Media Gathering yang diikuti sekitar 50 orang ini diisi juga dengan diskusi dan tanya jawab serta pemaparan dari Katim HDI Kanwil Kemenagsu H. Mulia Banurea, SAg, MSi, Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik, Syafii Sitorus mewakili Ketua Komisi Informasi Publik dan Anggi Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Sumatera Utara, serta Imam Mukhair dan Fahrizal yang menjadi moderator dalam acara ini.

Adapun rangkaian kegiatan Media gathering kali ini diantaranya:

Sesi I: Pembukaan/ penyerahan piagam penghargaan kepada wartawan kanwil kemenagsu 

Sesi II: Paparan sukses pelaksanaan Haji tahun 1445 H/2024 M (Kakanwil Kemenagsu H.Ahmad Qosbi S,Ag, MM) 

Sesi III Penyampaian materi

1. Tata Kelola kehumasan Bagian TU Kanwil Kemenang Sumut dalam peningkatan akuntabilitas publik   oleh Pranata Humas Ibu Ernawati Ritonga (Pranata Humas Madya)

2. Tata Kelola Data dan Informasi bagian TU Kanwil Kemenag Sumut dalam peningkatan akuntabilitas publik oleh Statistisi/Pejabat PPID Tuty Awaliyah Simbolon.

Sesi IV: Penyampaian materi 

3. Tata Kelola membangun pola relasi HDI Bagian Tata usaha Kanwil Kemenagsu dengan Media oleh ketua PWI Sumut (Farianda Putra Sinik)

4. Tata kelola KIP Sumut dalam mendorong peningkatan  kualitas pelayanan informasi Publik tim HDI Bagian TU  Kanwil Kemenagsu, Ketua KIP Sumut (Dr.Abd. Harris Nasution, Sh,MKn).

5. Keinginan civil society terhadap pelayanan humas data dan informasi bagian TU Kanwil Kementrian Agama Sumut  (kontestan pimpinan Ombusdman Sumut: Ir.Benget Manahan Silitonga)

Sesi V:

Diskusi Kelompok (isu² strategis, tawaran solusi, dan rekomendasi) utk peningkatan kualitas layanan Tim HDI Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenagsu

Kelompok 1: Thema "Tata kelola pelayanan kehumasan Tim Kerja HDI bagian TU Kanwil Kemenagsu"

Kelompok 2: Thema "Tata Kelola data dan Informasi tim kerja HDI bagian TU Kanwil Kemenagsu"

Kelompok 3: "Tata Kelola Pelayanan Keagamaan dan Pendidikan Agama tim kerja HDI Kanwil Kemenagsu terdapat Publik"Sesi VI : Penyampaian hasil Diskusi Kelompok dan Sesi VII: Penutup.(Bos/MSC)




Share:
Komentar

Berita Terkini