Ilyas Sitorus Jelaskan Tentang Harimau Sumatera Maskot PON ke-XXI di Sumut

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Pekan Olahraga Nasional ke XXI yang tinggal menghitung hari lagi pelaksanaannya tanggal 8 hingga 20 September 2024 di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara menggunakan maskot dan logo Hatra (Harimau Sumatera).

Informasi dihimpun di Posko PON ke XXI di Gedung Heritage Kantor Gubernur Sumatera Utara Rabu (14/8/2024) siang, dari Kadis Kominfo Sumut Ilyas Sitorus menyebutkan, bahwa PON Aceh- Sumut merupakan pengalaman pertama Indonesia menyelenggarakan PON di dua Provinsi sekaligus menurutnya, dengan penyelenggaraan di dua provinsi sekaligus, bisa memberikan kesempatan seluruh Provinsi untuk bisa menjadi tuan rumah PON,"ujar Ilyas.

Ilyas juga menjelaskan, Hatra atau Harimau Sumatera menggunakan Tanjak Melayu, Ulos Batak dan Tampak Gorga Batak, harimau Sumatera yang cukup dikenal secara global sekaligus mewakili simbol kekuatan energik dan kepemimpinan.

Sedangkan, Tanjak Melayu merupakan penutup kepala tradisional Melayu lambang kehormatan yang patut dijaga dan merupakan lambang amanah, tanggungjawab dan persatuan, Gorga Batak adalah ragam seni hias masyarakat Batak mewakili simbol religius dan kemakmuran. 

Sementara ulos Batak merupakan salah satu pakaian adat Sumatera Utara yang menyimpan filosofi mendalam tentang kehidupan dan simbol restu, kasih sayang dan persatuan,"jelas Ilyas.

Ditambahkannya, pembukaan PON XXI akan dilaksanakan di Provinsi Aceh, sedangkan Sumut mendapat kesempatan acara penutupan pada tanggal 20 September 2024 mendatang.

Sumut juga akan menjadi tempat pelaksanaan pertandingan sekitar 34 cabang olahraga (cabor) pertandingan seluruh cabor akan tersebar di Medan, Pematang Siantar, Binjai, Deli Serdang, Simalungun dan Serdangbedagai," terangnya.(Bos/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini