Dishub Sumut Pastikan Transportasi Lancar untuk PON XXI Sumut-Aceh

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Dalam persiapan menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, Dinas Perhubungan Sumut mengambil langkah-langkah strategis untuk memastikan kelancaran transportasi.

Hal itu dikatakan Kadishub Sumut sekaligus Ketua Bidang Transportasi PB PON XXI wilayah Sumut, Dr Agustinus Panjaitan SSiT MT kepada wartawan, Jumat (2/8/2024). 

Dijelaskan, Dishub Sumut bekerja sama dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut, Satlantas Polres dan instansi terkait sudah dua bulan lebih menggiatkan penertiban di delapan ruas jalan rawan macet di Kota Medan, menertibkan pool bus, mengembalikan fungsi trotoar sebagai pedestrian dan menertibkan pedagang kaki lima. 

Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Provinsi dan Kabupaten/Kota juga memetakan potensi gangguan lalu lintas di 10 lokasi venue pertandingan PON serta lokasi kantong-kantong parkir kendaraan. 

Untuk memudahkan mobilitas, Dishub Sumut menyiapkan aplikasi transportasi terintegrasi dengan sistem yang dikelola PB PON Sumut. 

Namanya "TRANSPONSUMUT". Aplikasi itu memberikan informasi mengenai ketersediaan kendaraan, estimasi kedatangan dan perkiraan waktu tunggu, serta memonitor dan melacak kendaraan selama acara berlangsung.

Dishub Sumut juga berkoordinasi dengan Otoritas Bandara Kualanamu dan PT Angkasa Pura Aviasi. Pihak Bandara Kualanamu mengaku siap menangani kedatangan dan keberangkatan kontingen PON, termasuk penyediaan posko terpadu dan area pengendapan bus. Sementara Ditlantas Polda Sumut akan menangani manajemen rekayasa lalu lintas dan patroli pengawalan tamu VIP.

Direktorat Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan RI juga mendukung dengan mengalokasikan anggaran APBN Rp 66 miliar untuk penyediaan sarana bus. Dishub Sumut sedang dalam proses pengadaan 967 unit armada, ditambah 300 unit armada bantuan dari Kementerian Perhubungan.

"Dengan langkah-langkah ini, kami optimis dapat menjamin kelancaran transportasi dan suksesnya penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024," pungkasnya.(Cok/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini