Sambut Malam 1 Muharram 1446 H, Warga Pasiran Gelar Kenduri Tolak Bala

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Memperingati Malam 1 Muharram 1446 Hijriah. Warga Desa Pasiran Dusun IV Kecamatan Sei Dadap menggelar Kenduri Tolak Bala, Sabtu (6/7/2024) malam.

Kenduri tolak bala tersebut dihadiri Kepala Desa Pasiran Ahmad Tohar dan tokoh agama maupun tokoh adat serta ratusan masyarakat.

"Kenduri ini dalam menyambut tahun baru Islam sekaligus untuk menolak bala atau malapetaka, "kata Kepala Desa Pasiran Ahmad Tohar.

Kata dia, kenduri malam 1 Muharram yang dilaksanakan di perempatan jalan desa ini merupakan tradisi yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh warga.

Dikatakannya, selain sebagai tolak bala. Kenduri menyambut malam 1 Muharram ini juga sebagai ucapan syukur kepada Allah SWT dan juga sarana mempererat tali silaturahmi antar warga.

"Kenduri ini merupakan tradisi turun temurun yang telah dilaksanakan setiap tahunnya dalam menyambut malam 1 Muharram, "ujar Kades Pasiran Ahmad Tohar menambahkan.

Amatan dilokasi. Kepala Desa Pasiran mengikrarkan atau membuka langsung kenduri yang disambut lantunan do'a ayat-ayat suci Alqur'an.(SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini