TIM PKM LPPM Unimed Gelar Pelatihan & Pendampingan Analisis Cerpen berlatar Sumatera Utara di SMPN 15 Medan

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Prodi Sasindo (Sastra Indonesia) Fakultas Bahasa dan Seni Unimed melaksanakan pelatihan dan pendampingan bagi guru Bahasa Indonesia dan siswa SMPN 15 Medan.

Kehadiran mereka di sekolah itu, Selasa (4/6/2024) untuk menganalisis cerpen berlatar Sumatera Utara berbasis studi analisis strukturalisme genetik.

Tim pelaksana diketuai oleh Dr M Surip MSi dan para anggota Dr Syairal Fahmy Dalimunthe M I Kom, M Anggie J Daulay SS MHum, Dr M Oky F Gafari M Hum dan Hendra K Pulungan SSos MI Kom serta dibantu oleh tim mahasiswa prodi Sastra Indonesia Unimed. 

Kedatangan tim PKM Sasindo Unimed disambut hangat oleh Kepala SMPN 15 Medan Dr Tiurmaida Situmeang SPd MPd yang dalam sambutannya memberikan apresisasi yang sebesar-besarnya atas pelaksanaan kegiatan pengabdian ini. 

"Jujur, kami sangat senang disambangi para ahli di bidangnya, apalagi narasumber yg dihadirkan memang pakar di bidang kurikulum dan bidang sastra. Guru-guru di sini juga turut senang, dialog yg dibangun sangat konstruktif. Melalui kegiatan ini, pengetahuan kita jadi bertambah tentang substansi cerpen berlatar Sumatera Utara," tutupnya.

Ketua Tim PKM Dr M Surip MSi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih pada pihak SMPN 15 Medan yang telah menyambut baik serta berkenan meluangkan waktu serta menyediakan tempat sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. 

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu dari kegiatan Tri Darma Perguruan tinggi, dimana para dosen harus memiliki kontribusi yang positif pada masyarakat  dalam hal ini adalah SMPN 15 Medan.

Kegiatan yang berlangsung mulai pagi hari diikuti oleh 5 orang guru Bahasa Indonesia dan 10 orang perwakilan siswa. 

Pemaparan materi pertama dimulai oleh narasumber Dr M Oky F Gafari MHum terkait dengan implementasi kurikulum merdeka khususnya pada materi Sastra bidang studi Bahasa Indonesia. 

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua oleh narasumber M Anggie J Daulay SS MHum terkait analisis strukturalisme genetik pada cerpen berlatar Sumatera Utara yang dilanjutkan dengan pendampingan bagi guru-guru Bahasa Indonesia untuk dapat menganalisis cerpen menggunakan teori tersebut.Kemudian Tim PKM Sasindo Unimed juga membagikan buku kumpulan cerpen “Malim Pesong” karya Hasan Al Banna (sastrawan Sumatera Utara) yang nantinya dapat dianalisis oleh para guru sebagai implementasi dari kegiatan ini. 

Diakhir kegiatan ketua tim PKM, Dr M Surip MSi mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan yang diberikan oleh pihak sekolah dan berjanji akan melakukan kunjungan yang kedua sebagai kelanjutan dari kegiatan pengabdian ini.(Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini