Pemadaman Listrik di Jabodetabek Tidak Menular ke Sumut

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Sampai saat ini, kondisi kelistrikan di Sumut tetap stabil dan terkendali. Tidak ada pemadamaan listrik menyeluruh di Sumut, kalaupun ada hanya sekedar pemeliharaan jaringan dan gangguan karena cuaca ekstrim.

Demikian dikatakan General Manager (GM) PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut melalui Manager Komunikasi Rudi Artono kepada wartawan ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/8/2019).

Contoh pemadaman listrik karena pemeliharaan jaringan listrik seperti yang terjadi  beberapa lokasi di antaranya kawasan Medan Selatan, Medan Kota dan lainnya, belakangan ini, yakni penarikan HUTM untuk pengalihan trafo, rabas-rabas pohon, pemasangan DS dan reconector, pengantian FCO lateral, pemasangan LA chamber, pemeliharaan JTM (jaringan tegangan menegah), pemindahan utilitas PLN dan lainnya.

“Jadi pemadaman yang terjadi, bukan berarti PLN melawan instruksi Presiden yang meminta tidak memadamkan listrik lagi.  Tetapi padamnya listrik di daerah itu, memang karena ada kejadian khusus yang memaksa PLN harus memadamkan listrik.

Hal ini demi keselamatan para pekerjanya yang tengah melakukan pemeliharaan jaringan. Termasuk juga saat petugas melakukan pemulihan listrik akibat adanya sesuatu yang menimpa jaringan sehingga menyebabkan pemadaman,” tukasnya.

Jadi pemadaman itu tidak ada kaitannya atau berbeda kasusnya, dengan peristiwa padamnya listrik di kawasan Jabodetabek, yang sempat membuat Presiden Jokowi gerah.

Lebih lanjut, Rudi mengutarakan kondisi kelistrikan di Sumut sampai saat ini masih terus stabil tanpa ada pemadaman terencana dengan reserver daya (cadangan) 309 MW. “Sedangkan total keseluruhan daya 2.113MW dengan beban puncak 1.616 MW,” tukasnya.

Menurutnya masyarakat tidak perlu khawatir atas kejadian pemadaman yang terjadi di Jabodetabek tidak akan menular ke Sumut.

“Apalagi karena jaringan di Sumatera dan di pulau Jawa berbeda atau tidak terkoneksi,” paparnya. (Irn/MS)



Share:
Komentar

Berita Terkini